97

Hukum Pajak: Pengertian, Kedudukan dan Hierarkinya

PENGERTIAN HUKUM PAJAK

Hukum pajak adalah sekumpulan peraturan yang mengatur hak dan kewajiban serta hubungan antara wajib pajak dan pemerintah selaku pemungut pajak.

Pengertian Hukum Pajak menurut beberapa tokoh

Santoso Brotodihardjo

Hukum pajak atau yang juga dikenal sebagai hukum fiskal merupakan aturan-aturan yang meliputi wewenang atau hak pemerintah dalam mengambil kekayaan seseorang dan memberikannya kembali ke masyarakat melalui kas negara.

Dalam hal ini, hukum pajak merupakan hukum publik yang mengatur hubungan orang pribadi atau badan hukum yang memiliki kewajiban untuk menunaikan pajak (wajib pajak) dengan negara.

Rachmat Soemitro

Hukum pajak adalah kumpulan peraturan yang mengatur hubungan rakyat selaku pembayar pajak dengan pemerintah selaku pemungut pajak.

Dr. Soeparman Soehamidjaja

ukum pajak adalah hukum yang mengatur masalah perpajakan yang akan meringankan biaya produksi barang dan jasa untuk mencapai kesejahteraan umum.

Hartono Hadisoeprapto

Hukum pajak adalah serangkaian peraturan yang mengatur bagaimana pajak dipungut, atas keadaan atau peristiwa apa pajak tersebut dikenakan, serta berapa besar atau jumlah pajak yang dikenakan.

PENGERTIAN PAJAK

KEDUDUKAN HUKUM DALAM UU PAJAK

UNDANG-UNDANG PAJAK INDONESIA

HIERARKI HUKUM PAJAK INDONESIA

Baca selanjutnya, Perpajakan Indonesia: Sistem Pemungutan dan Klasifikasinya

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

error: Content is protected !!