2
205

Apa Saja Objek PPh Pasal 23 itu? Wajib Baca!




Apa Saja Objek PPh Pasal 23 itu? Apakah semua jasa dikenakan PPh Pasal 23?

Tidak semua jasa merupakan objek Pajak Penghasilan Pasal 23 ya! Prinsip pemajakan atas penghasilan adalah berdasarkan positive list. Maksudnya adalah di dalam peraturan pajak disebutkan objek penghasilan apa saja yang terutang PPh, jika tidak disebutkan sebagai objek ya nggak kena pajak, gampangnya begitu.

Lalu, PPh Pasal 23 itu apa? PPh Pasal 23 adalah pajak penghasilan yang mekanisme pelunasannya adalah melalui pemotongan oleh pemberi penghasilan (lawan transaksi). Dengan demikian, penerima penghasilan berhak memperoleh bukti potong PPh Pasal 23 dan tidak wajib menyetor sendiri PPh Pasal 23 itu jika pemotong tidak melakukan pemotongan Pajak Penghasilan Pasal 23.



SIAPA YANG WAJIB MEMOTONG PPh 23?

pemotong PPh Pasal 23

OBJEK PPh PASAL 23

Siapapun dia, apabila termasuk pemotong PPh, maka wajib melakukan pemotongan Pajak Penghasilan Pasal 23 jika membayarkan objek penghasilan sebagai berikut:

 

Objek PPh Pasal 23

BUKAN OBJEK PPh PASAL 23

Bukan Objek PPh Pasal 23

SAAT TERUTANG PPh PASAL 23

Saat terutangnya Pajak Penghasilan Pasal 23 adalah: (Penjelasan PP Nomor 94 Tahun 2010 Pasal 15 ayat (3))

  1. pada saat pembayaran,
  2. saat disediakan untuk dibayarkan dan jatuh tempo,
  3. saat yang ditentukan dalam kontrak atau perjanjian atau faktur (seperti: royalti, imbalan jasa teknik atau jasa manajemen atau jasa lainnya).

Apa yang dimaksud dengan saat disediakan untuk dibayarkan (seperti : untuk dividen) adalah :

  • untuk perusahaan yang tidak go public, adalah saat dibukukan sebagai utang dividen yang akan dibayarkan, yaitu pada saat pembagian dividen diumumkan atau ditentukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan. 
  • untuk perusahaan yang go public, adalah pada tanggal penentuan kepemilikan pemegang saham yang berhak atas dividen (recording date). 

Apa yang dimaksud dengan saat jatuh tempo pembayaran (seperti : untuk bunga atau sewa) adalah saat kewajiban untuk melakukan pembayaran yang didasarkan atas kesepakatan, baik yang tertulis maupun tidak tertulis dalam kontrak atau perjanjian atau faktur.

saat terutang pph pasal 23

TEMPAT TERUTANG PPh 23

TARIF PPh PASAL 23

TArif PPh pasal 23

TATA CARA PEMOTONGAN PPh 23

TATA CARA PEMOTONGAN PPh 23

 

JATUH TEMPO PEMBAYARAN PPh PASAL 23

CARA PELAPORAN SPT MASA PPh 23

Show Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!