31
42404

Siapa yang wajib memiliki NPWP?




Siapa yang wajib memiliki npwp? Pada dasarnya adalah semua orang pribadi dan badan usaha yang sudah memenuhi ketentuan, yaitu:

  1. Orang Pribadi yang mempunyai usaha atau Pekerjaan Bebas, wajib daftar NPWP 1 bulan sejak usaha atau pekerjaan bebasnya di jalankan
  2. Orang Pribadi yang tidak mempunyai usaha atau Pekerjaan Bebas, wajib daftar NPWP 1 bulan sejak penghasilannya melebihi PTKP.
  3. WP Badan wajib daftar NPWP 1 bulan sejak pendirian.

Siapa yang wajib memiliki npwp



Siapa yang wajib punya npwp

FAQ Siapa yang Wajib Memiliki NPWP

  1. Toha bekerja di supermarket dengan penghasilan sebulan Rp 4.000.000,-. Apakah Toha wajib punya NPWP?
    • Dalam hal ini, Toha termasuk kategori¬† karyawan (orang pribadi yang tidak mempunyai usaha atau Pekerjaan Bebas) sehingga Toha belum wajib memiliki NPWP karena penghasilannya masih di bawah PTKP.
  2. Tohir mempunyai toko online dan offline dengan hasil penjualan sebulan rata-rata Rp 4.000.000,-. Sejak kapan Tohir wajib punya NPWP?
    • Dalam hal ini, Tohir termasuk orang pribadi yang mempunyai usaha sehingga Tohir sudah wajib memiliki NPWP satu bulan sejak tokonya mulai berjalan.
  3. Maryam adalah notaris yang baru saja membuka prakteknya. Selama setahun pertama penghasilannya rata-rata sebulan adalah Rp 3.000.000,-. Apakah Maryam wajib memiliki NPWP?
    • Dalam hal ini, Maryam termasuk orang pribadi yang mempunyai pekerjaan bebas, sehingga Maryam sudah wajib memiliki NPWP satu bulan sejak praktek notarisnya dijalankan.
  4. Siti masih berusia 10 tahun, tetapi sudah memiliki penghasilan rutin dari youtube rata-rata sebulan Rp 5.000.000,-. Apakah Siti wajib memiliki NPWP?
    • Siti termasuk orang pribadi yang menjalankan pekerjaan bebas, tetapi masih dikategorikan anak yang belum dewasa. Dalam kasus ini, yang wajib memiliki NPWP adalah orang tua Siti.

Apa saja sanksi jika tidak memiliki NPWP padahal seharusnya sudah wajib sesuai ketentuan perpajakan, baca sanksi tidak memiliki NPWP di sini!

Jika seseorang atau badan usaha tidak mendaftarkan NPWP secara self assesment, apakah KPP bisa menerbitkan NPWP secara jabatan? Baca penerbitan NPWP secara jabatan di sini!

Untuk mendaftar NPWP, apa saja yang harus di siapkan, baca dokumen persyaratan pendaftaran NPWP berikut! 

 

Lalu di mana orang pribadi atau badan harus mendaftarkan diri untuk mendapat NPWP dan bagaimana caranya?

Daftar NPWP sesuai alamat tempat tinggal atau tempat usaha
Pendaftaran NPWP bisa dilakukan secara online

 

Show Comments

2 Comments

  1. van May 5, 2021
    • bospajak May 9, 2021

Leave a Reply

error: Content is protected !!